Pages - Menu

Sunday, March 31, 2013

Nirmana Trimatra_Hasil Alam


 


Pada kesempatan dalam membuat nirmana trimatra ini, media yang digunakan adalah hasil alam. Hasil alam yang saya pakai adalah ranting-ranting pohon yang telah kering. Ranting yang kering akan lebih awet atau tidak berjamur dibanding dengan ranting yang basah.
Bahan yang digunakan dalam pembuatan nirmana trimatra ini adalah ranting-ranting pohon, lem alteco, karton sebagai alas dan backgroundnya.

Hasil dari analisis dalam proses pembuatannya antara lain :

Garis    : garis yang terlihat adalah garis lurus dan sedikit membengkok, agar tidak terlihat kaku.
Arah    : arah dalam penyusunan ranting bagian bawah lurus, tetapi pada susunan atasnya agak dimiringkan  agar tigak terlihat monoton.
Bentuk : bentuk yang diberikan dalam penyusunan dari ranting memberikan ruang tiga dimensi karena penyusunannya yang bertumpuk.
Spot     : spot terletak pada struktur penyusunannya dan karena ranting yang dipakai ada yang berukuran besar dan ukuran kecil kecil.
Tekstur : tekstur nyata, mempunyai nilai raba.
Value     : ranting terlihat menonjol karena warna asli dari karton yang berwarna padi.
Warna   : warna coklat yang diberikan oleh ranting pohon ditambah dengan backround yang berwarna padi, sangat terlihat kontras.

Kesimpulan :

Media bahan alami yang dipakai dari alam jenis kayu yaitu ranting pohon. Berbeda dengan jenis kayu yang telah diproduksi oleh pabrik, bahan yang berasal dari alam dan tanpa olahan terlebih dahulu, maka ada sedikit kesulitan dalam membuat komposisinya. Tetapi kesan alami dari ranting pohon tersebut tetap memberikan nilai estetika. 

No comments:

Post a Comment

THEME BY RUMAH ES