Pages - Menu

Tuesday, April 7, 2020

MACAM JENIS MASKER SAAT COVID-19

Sejak wabah Virus Corona atau Covid-19 banyak hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Menjaga kebersihan dengan mencuci tangan menggunakan sabun, menggunakan hand sanitizer, dan menyemprotkan cairan disinfektan pada benda mati.

Selain itu juga, penggunaan masker juga menjadi sangat penting jika memang ada keperluan yang mendesak atau sangat penting. Karena itu juga sabun, hand sanitizer, cairan disinfektan dan masker diburu oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia. Oleh sebab itu juga barang-mbarang tersebut mengalami kelangkaan.

Ada banyak macam jenis masker yang digunakan sejak pandemic virus corona ini. Mulai dari masker medis dan juga masker homemade yang dibuat oleh banyak kalangan masyarakat. Kalau sudah banyak jenis masker yang digunakan, seefektif apa sih masker tersebut

Dilihat dari fungsi dari penggunaan masker tersebut sangat berbeda sekali antara masker N95, masker medis sampai sampai masker fashion. Nah di sini, saya akan menjelaskan masing-masing jenis masker tersebut yang saya dapatkan dari berbagai sumber

Masker N95 (Stongest protection)

Masker N95 adalah masker yang juga sering ditemukan ketika pandemi virus Corona atau COVID-19. Masker ini sangat dianjurkan untuk digunakan sebagai pencegahan penyebaran virus Corona. Masker N95 memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan dengan masker bedah. Masker N95 didesain secara pas menutup hidung dan mulut orang dewasa.

Penggunaan masker ini tidak disarankan untuk anak-anak karena memliki ukuran yang tidak pas dan tidak dapat memberikan perlindungan yang cukup. Masker N95 tidak dianjurkan untuk digunakan sehar-hari karena akan kesulitan bernapas, gerah, dan tidak nyaman dalam jangka waktu lama.

Masker Bedah (Surgical mask)

Masker bedah adalah masker familiar yang mudah kita temui, sebelum pandemic virus corona ini, saya biasa membelinya dengan harga satuan 2000 rupiah saja. Dan banyak sekali dijual di toko maupun warung kecil. Masker bedah memiliki 3 lapisan, yaitu dua lapisan luar dan satu lapisan tengah yang berfungsi sebagai filter.

Masker bedah memiliki penyaringan sekitar 80 persen yang mampu mencegah penyebaran virus Corona. Karena masker ini sudah langka di pasaran, kita yang masih sehat dianjurkan untuk memakai masker kain, masker bedah dipakai oleh garda terdepan. Semoga mereka selalu sehat. Aamiin

Oh iya, masker bedah ini hanya sekali pakai yaa..

Masker FFP1

Masker respirator kelas perlindungan FFP1 dibuat untuk lingkungan kerja yang diperkirakan tidak ada jenis debu dan aerosol beracun atau fibrogenik. Masker ini menyaring minimum 80% partikel dengan ukuran hingga 0,6 μm dan dapat dikenakan selama ukuran pelampauan konsentrasi di tempat kerja maksimum tidak lebih dari empat kali lipat nilainya. Industri bangunan atau makanan menggunakan masker respirator FFP1 dalam banyak kasus. baca juga di sini

Activated Carbon Mask (Stop Odor)

Hal ini mendasari 3M untuk berinovasi menciptakan masker yang memiliki berbagai spesifikasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Seperti masker motor, yang didesain khusus bagi pengendara kendaraan bermotor. Termasuk dalam kategori masker extra filtration, masker berwarna hitam ini memiliki lapisan filter mengandung karbon aktif yang dapat melindungi pengendara motor dari partikel besar, debu, dan bau asap. Nexcare juga memproduksi masker karbon ini.

Keistimewaannya, karbon aktif dalam masker motor ini bisa efektif hingga tiga bulan, dan dapat dicuci dan digunakan kembali hingga tiga kali, tanpa mengurangi efektivitas filter. baca juga di sini

Masker Kain (Cloth Mask)

Nah… masker kain ini adalah masker yang dibuat oleh masyarakat, mulai dari jumlah yang kecil hingga jumlah banyak yang dijadikan bisnis disaat pandemic virus corona dan juga dibuat secara sukarela untuk menolong sesama. Masker kain ini sangat banyak jenisnya pula, mulai dari kain yang dipakai dan juga acara menjahitnya.

Menurut DR.Dr. Budi Laksono, MHSc (Dosen Undip, peneliti, relawan kemanusiaan) menjelaskan masker BC19 yang terbuat dari kain tetapi sekualitas dengan masker SNI sebagai solusi kebutuhan masker rakyat. Berikut Penjelasannya.

MASKER BC19 yaitu masker :

  • Mudah. Karena setiap orang dapat membuatnya sendiri
  • Murah. Karena harganya murah dan bisa dipakai ulang sehingga sangat murah. Biaya pembuatan tidak lebih 2.500 rupiah saja
  • LIFE TIME. Lama pakai. Karena masker ini bisa dipakai ulang.
  • RAMAH LINGKUNGAN. Karena limbah minim dan tidak mengotori lingkungan.

Masker BC19 adalah masker yang dibuat dari kain 2 lapis dan di dalamnya bisa disisipkan kertas tisu. Kertas tisu adalah HARUS dilapisikan di tengahnya. Menutup baik hidung dan mulut. Ukuran besar 20 cm x 10 cm. Jika membuat untuk anak-anak tinggal disesuaikan saja ukurannya.

Bila selesai dipakai atau basah, tisu dilepas ganti baru. Dan bila sudah dipakai, rendam kemudian cuci menggunakan sabun.

*Metode ini telah diuji dengan uji spray (simulasi batuk) dan uji tiup membuktikan sekualitas dengan masker SNI.

BACA di sini yaa MASKER KAIN HANDMADE TANPA MESIN JAHIT masker yang saya buat dan bisa diselipkan tisunya.

Sponge mask (Fashion)

Maraknya penjualan masker yang diborong oleh banyak orang membuat siapa saja tidak perduli dengan harga jual masker di pasaran. Sejak virus corona melanda dunia, harga masker yang seharusnya murah pun naik hingga berkali lipat. Dikutip dari popbela.com, masker fashion ini Walau nggak murah, masker fashion yang tetap fungsional ini punya kelebihan yaitu juga bisa menyelamatkan penampilan kamu sehari-hari (sekali lagi, itupun kalau kamu niat). Beberapa brand lokal pun merilis koleksi masker yang keren-keren - dari gaya tradisional hingga motif playful yang unik. Yahh.. masker sudah menjadi trend saat ini.

 


8 comments:

  1. MasyaaAllah bermanfaat sekali mba infonya... Badewii masker bedah sama stop odor terlihat mirip ya? Klo boleh tau perbedaan signifikan jika sdh ga ada bungkus, gimana ya? Oia...utk anak2 misalkan pakai masker kain, enaknya dilapisi apa ya biar ga 'ringam' klo ditambahin tissue? Bahan apa misalnya dan bisa dicuci? Makasih ya mbk infonya 😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perbedaannya selain warna,kalau masker bedah dipakai medis dan sekali pakai langsung dibuang, sedangkan stop odor dibuat untuk para pengendara motor, sepeda, orang2 yg berada di luar ruangan. Dan masker stop odor ini bisa dicuci dan digunakan kembali hingga tiga kali, tanpa mengurangi efektivitas filter.

      Kalau untuk anak2, lebih enak pakai masker jenis kain scuba. Karena jenis kain scuba yg premium udah lumayan tebal dan ga perlu ditambah tisu lg mba.. udah ada masker kain scuba anak dijual di pasaran. Semoga membantu yaa umi..hehehe

      Delete
  2. Wah terima kasih. Informasinya bermanfaat sekali, terutama di saat-saat seperti sekarang ini :)

    ReplyDelete
  3. Aku sempat bingung dengan jenis masker ini. Apalagi di era pandemik kayak sekarang ya. Harus benar-benar pilih yang sesuai kebutuhan, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. jangan sampai salah pilih masker. Jenis masker sekarang makin variatif dan gatau efektivitas penggunaannya bagus atau kurang

      Delete
  4. Wah info bermanfaat ini. Masker pun banyak jenisnya, masker bedah N95 lebih untuk Tenaga Medis. Bahkan cara menggunakan dan lama pemakaian juga ada panduannya sebetulnya.

    ReplyDelete
  5. maske N95 paling powerfull tapi paling ga nyaman karena bikin susah napas ya :(

    ReplyDelete

THEME BY RUMAH ES