Pages - Menu

Tuesday, September 10, 2019

Sayur Batang Keladi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Apa kabar teman-teman semuanya? Semoga selalu happy dalam menjalani hari-hari yang terus berganti ini. Aamiin...
Sudah lama rasanya saya tidak berkarlota alias ngobrol-ngobrol ria disini...

Kali ini saya mau menulis tentang masak-memasak. Hehehe... Yaahh walopun saya ga terlalu jago memasak, tapi mungkin saja tulisan ini bermanfaat bagi yang membaca yaa...

Menu masakan yang mau saya share di sini adalah menu sayuran yang sering kami masak di rumah, intinya masakan rumahan jenis sayur yaitu Sayur Batang Keladi

Batang keladi yang saya gunakan disini asli tanaman sendiri, tanaman ayah maksudnya. Heee
Sayur ini boleh dibilang salah satu menu andalan keluarga kami sebagai menu makan siang ataupun malam hari. Ayah, Ibuk, Ayuk, Adek dan Nenek doyan makan sayur batang keladi.
Ngomong-ngomong temen-temen pernah masak daun batang keladi? Kalau belum pernah, tambah ke list menu ini sebagai menu baru yang harus dicoba ya. Karena batang daun keladi ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.
Keladi
Keladi merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sangat mudah dijumpai, temen-temen ga perlu membelinya di pasar ataupun swalayan, karena tumbuhan ini pun sangat mudah tumbuh terlebih di tanah yang lembab.Keladi sendiri merupakan kelompok tumbuhan dari suku talas-talasan. 

Tumbuhan ini awalnya berasal dari Brazil, namun seiring perkembangan jaman tersebar di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia. Berbeda dengan talas, keladi tidak memiliki umbi yang besar, cenderung memiliki daun dan batang yang lebih besar dari pada umbinya sehingga yang lebih dimanfaatkan adalah batang dan daunnya. Tanaman ini sering dijumpai di daerah yang agak berair seperti daerah pinggir sungai ataupun sawah, namun tak jarang juga keladi dapat tumbuh di lahan luas seperti lapangan atapun pekarangan. 

Berdasarkan penelitian sayur keladi memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti Polifenol, Saponin, Protein, Karbohidrat, Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin A dan C. Karena kandungan nutrisinya sangat banyak, tentu banyak pula manfaat sayur keladi ini.

Manfaat Sayur Keladi

  • Sumber kalori
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • menurunkan berat badan
  • Mencegah terjadinya komplikasi penyakit
  • Melancarkan pencernaan
  • Mencegah kanker atau tumor
  • Menjaga kesehatan gigi dan gusi
  • Mencegah osteoporosis
  • Sebagai obat asam urat
  • Mengatasi kulit kering
  • Sebagai detox
  • Mencegah penuaan dini
  • Sebagai obat batuk
  • Mengatasi maag
  • Melancarkan peredaran darah
  • Mengatasi stres dan meningkatkan konsentrasi
  • Mencegah alzaimer
  • Menjaga kesehatan ginjal
  • Meningkatkan sistem imun
  • Memutihkan gigi
  • Mencerahkan kulit 
  • Membentuk tubuh

Banyak sekali kaan... manfaat dari sayur keladi ini. Pengolahan dari keladi menjadi hidangan untuk makan pun ini juga sangat beragam, misalnya ditumis kering atau sedikit berkuah, dicampur dengan ikan atau potongan daging ayam, teri, dan sebagainya. 

Kalau di rumah, sayur batang keladi ini biasanya kami tumis dicampur dengan ikan teri. rasanya gurih dan maknyus. Ini dia bumbu serta proses memasaknya.
1. bersihkan batang keladi dengan mengupas kulit tipisnya, keludian potong-potong dan cuci bersih.
2. siapkan bumbu-bumbunya, ada bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe hijau, cabe rawit, tomat, dan ikan teri. 


3. kemudian tumis bumbu hingga wangi dan masukkan batang keladinya. Beri garam, penyedap rasa (kalau mau) dan Aduk hingga merata, lalu tutup supaya batang keladi menjadi layu. memasak batang keladi ini harus benar-benar matang dan menjadi layu. Karena, jika tidak maka gatal jika dimakan. 

Sayur batang keladi sudah siap dihidangkan. 
Mudah banget kan... masakan rumahan yang simpel tapi memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. silahkan dicoba ....

18 comments:

  1. Kalau ditmptku ini namanya lompong(jawa)..Dulu mamak jg suka bgt masak ini..dan yg paling suka makan ini bapak, tpi masaknya sllu pakek santan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masak lagi coy... Pake ikan teri mantul banget kan..

      Delete
  2. perlu dicoba nih sepertinya enak dan lezat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba.. masakan dengan bumbu simpel ala rumahan...

      Delete
  3. Susah cari keladi, huhuhu. Krius krius ya mbak, batangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, karna jarang ada yang jual batang keladi ini.. kalo punya pekarangan bisa nanem sendiri aja mba... Di polibek mungki .Bisa juga.. asal selalu disiram...karna tanahnya harus selalu basah/lembab... Kalo mau coba masak harus mateeeng bgt yaa mbaa.. supaya ga gatel

      Delete
  4. Wah pernah lihat anggota komunitas yang saya dampingi sedang masak batang keladi
    Tapi kalo ga salah nama nya lompong
    Sayang belum sempat matang, saya harus pulang :D

    ReplyDelete
  5. Aku nggak pernah tahu batang keladi bisa dimakan. Izin save resep ya mbak, buat dieksekusi ntar. Kebetulan di deket komplek rumah banyak tumbuh dan free pastinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp siipp mbaa.. silahkan dicoba.. masaknya yang mateng bgt(jgn masih kres2) supaya ga gatel...

      Delete
  6. Ini sehat dan gampang bikinnya ya..
    Kasih udang makin enak kyknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa bgt.. biar tambah endul rasanya mba.. hehehe

      Delete
  7. Baru tahu lho Kak, Pohon Keladi bisa dibuat sayur. Apalagi ternyata kandungan manfaatnya banyak banget, ya. Etapi, rasanya kayak gimana ya? Kirim ke Bandung dong, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh... Boleh.. rasanya enak kak, gurih.. sedap pokoknya..

      Delete
  8. Di Semarang tanaman ini namanya lompong. Dan aku waktu punya kolam ikan, sering nyari tanaman ini untuk pakan ikan. Ikan bawal, nila, itu suka banget kalo dikasih daun lompong atau keladi. Dan kebanyakan daun nya digunakan untuk masakan buntil. SEmacam botok dibungkus daun lompong ini, enak banget dan syedep

    ReplyDelete
  9. Iyaa kak... Bener bgt... Ikan nila, gurame, juga suka bgt makan daunnya.. hihii

    ReplyDelete
  10. Keladi ini apakah sama dengan talas??
    Saya malah baru tahu kalau batang tanaman bisa dimasak dan dijadikan sayur. Taunya paling bunga, daun atau tunas tumbuhan yang dijadikan sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama kak.. dan enak banget. Mungkin kurang familiar dijadikan satur karena, kalo memasaknya ga terlalu matang, bisa gatal2 ditenggorokan... Hehe...

      Delete

THEME BY RUMAH ES