Pages - Menu

Sunday, December 10, 2017

SEHAT DIMULAI DARI SAYA


Hai semuanya .... 

Kemarin Senin, 4 Desember 2017 saya mengikuti Workshop Blogger #SayaBeraniSayaSehat dalam Rangka Hari AIDS Sedunia 2017 yang diselenggarakan oleh Kemenkes RI di Palembang. Bapak Indra Rizon selaku Kepala Bagian Hubungan Media dan Lembaga KemenKes RI memberikan sambutan tentang HIV AIDS. 

Bapak Indra Rizon memberikan sambutan

Kegiatan tersebut dibuka oleh KaDis Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan, Ibu Lesty Nurainy. "Sehat segar bugar", begitu salam yang diucapkan beliau. Menjaga kesehatan adalah penting bagi kita agar selalu sehat. 

SEHAT DIMULAI DARI SAYA

"HIV AIDS bukanlagi dari jarum suntik, tetapi dari hubungan seksual yang tidak terproteksi", kata drg. Widyawati, M.Kes. KaBag Pelayanan Masyarakat Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat KemenKes RI, selaku moderator dari kegiatan workshop dalam Rangka Hari AIDS Sedunia 2017.

drg. Widyawati, M.Kes

Ada yang pernah denger atau tahu tentang ODHA?

Apa sih ODHA? 

ODHA adalah singkatan dari Orang Dengan HIV AIDS. Orang-orang yang mengidap HIV/AIDS disebut dengan ODHA


Bagaimana tanda orang yang terkena HIV??
seperti yang dipaparkan oleh Kepala Hubungan Media dan Lembaga Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, BapakIndra Rizon, SKM M. Kes, Virus HIV tidak mudah menular dan cara penularannya pun sangat terbatas yaitu:



Bagi teman-teman yang pernah mendengar penularan HIV seperti misalnya dengan bersentuhan, penggunaan tempat makan dan toilet secara bersama-sama, tinggal serumah, itu adalah HOAX. 

Sebelumnya, saya pernah mendengar tentang HIV. Dan yang saya ketahui dulu adalah HIV tidak ada obatnya dan orang-orang yang terkena HIV akan hidup sengsara. Tubuh sakit hingga kurus kerempeng, dijauhi masyarakat, pendidikan dibatasi, tidak bisa menikah dan hal-hal lainnya yang begitu suram. Tetapi, dengan mengikuti workshop ini saya jadi tahu bahwa HIV tidak seperti yang saya bayangkan. 

ODHA tetap bisa sehat dan produktif seperti orang-orang pada umumnya. ODHA tidak boleh dijauhi, virusnya yang harus dijauhi.

"saya bisa menikah, saya bisa punya anak, saya bisa tetap hidup dan produktif". Ungkapan dari cerita pengalaman Teh Ayu (ODHA).

Bersama Teh Ayu

APAKAH HIV ADA OBATNYA??? ADA. 

YA, HIV ADA OBATNYA YAITU ANTIRETROVIRAL (ARV)


ARV tidak mematikan virus, tetapi menekan jumlah virus sehingga tidak terdeteksi sama sekali.

Cegahlah HIV dengan cara:
  • tidak melakukan hubungan seksual berisiko seperti ganti-ganti pasangan
  • tidak menggunakan narkoba
  • skrining darah donor dan organ tubuh
  • mengikuti program pencegahan penularan HIV dari ibu ke anak
  • menerapkan kewaspadaan standar (bagi petugas kesehatan)

SEHAT DIMULAI DARI SAYA


BAGAIMANA HIV/AIDS DI SUMATERA SELATAN???

HIV/AIDS menjadi permasalahan kita bersama karena hampir di setiap Provinsi di Indonesia yang mengalami situasi HIV dan AIDS dengan jumlah yang beragam. Seperti yang dipaparkan oleh Kabag P2P Dinkes Prov SumSel, Bapak Feri Yanuar, SKM, MKes dibawah ini





Jumlah kasus HIV dan AIDS menurut tahun 2010 sd September 2017 di SumSel mengalami peningkatan dan penurunan tiap tahunnya. Kota Palembang paling banyak terdeteksi pengidap HIV dan penderita AIDS dibanding kabupaten lainnya di Provinsi SumSel. Laki-laki paling banyak mengidap HIV dan menderita AIDS dibandingkan perempuan. 

Dari pemaparan Bapak Feri, saya tidak menyangka bahwa pengidap HIV dan penderita AIDS pada perempuan menurut pekerjaan paling banyak adalah ibu rumah tangga. Mengapa seperti ini???

Apa upaya yang telah dilakukan 


Sebagai remaja, perilaku hidup sehat serta iman dan taqwa adalah kunci agar menjauhkan diri kita dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu cara agar kita dapat hidup sehat adalah dengan mewujudkan GERMAS. Apa sih GERMAS???


GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

GERMAS adalah Suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup (Instruksi Presiden No. 1 Th. 2017). 

Mengapa HARUS GERMAS? 
GERMAS bertujuan agar kita sebagai masyarakat Indonesia dapat terjaga kesehatannya, lingkungan menjadi bersih, JIKA SEHAT kita tetap bisa PRODUKTIF,dan tentunya biaya untuk berobat berkurang. Kalo kita mau sehat, haruslah dimulai dan diniatkan dari dalam diri kita sendiri supaya menjadi kebiasaan tentunya. 

SEHAT DIMULAI DARI SAYA

Gimana sih supaya sehat???
Nahh ini dia, gimana biar sehat itu sebagian besar masyarakat sudah tau. Iya ga??
  • Pertama adalah melakukan kegiatan fisik. Kegiatan fisik itu ga cuma olahraga lho....melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, dan lainnya itu juga termasuk kegiatan fisik. Yang jelas, Niat untuk menggerakkan otot-otot tubuh adalah kunci utamanya :D :D :D hehehehe.....


SEHAT DIMULAI DARI SAYA

  • Kedua, Konsumsi sayur dan buah. Sayur dan buah sangat penting untuk tubuh. Bagi temen-temen yang tidak suka sayur, Ayoooo dicoba. Sayur is good for your health. Buatlah menu makanmu dengan sayur dan buah. 


  • Ketiga, periksalah kesehatan tubuh secara berkala. Kenapa??? saya sudah olahraga, sudah makan sayur dan buah, apakah saya harus memeriksa kesehatan juga??? Memeriksa kesehatan secara rutin 6 bulan sekali agar dapat mendeteksi dini penyakit yang MUNGKIN ada di dalam tubuh.


SEHAT DIMULAI DARI DIRI SENDIRI, 
MULAI DARI HAL YANG KECIL, 
MULAI DARI SEKARANG 

SEHAT DIMULAI DARI SAYA





2 comments:

  1. Betapa pentingnya ya mbak membudayakan hidup sehat dari diri sendiri, a good informationšŸ˜Š

    ReplyDelete
  2. Saya setuju banget bahwa sehat harus mulai dari sendiri agar bebas dari penyakit yg berbahaya..

    ReplyDelete

THEME BY RUMAH ES