Pages - Menu

Saturday, March 9, 2019

4 Tahun Indonesia Kreatif

Minggu, 24 Februari 2019

Seperti biasanya, jika ada kegiatan atau acara kami siap-siap dan berangkat lebih awal dari teman-teman yang berada di kota. Karena apa? Ya karena kami tinggal ±2 jam dari Kota Palembang, tepatnya di Desa Karang Endah Kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim. Acara dimulai pukul 08.00 WIB, jadi kami berangkat dari rumah pukul 06.00 WIB. Hihii…

Hari ini kami semua, ayah, ayuk (kakak perempuan), adik saya Ima dan Faraz datang ke acara Flash Design 4 Tahun Indonesia Kreatif di Ballroom Hotel Aryaduta Palembang. Kami semua datang karena kami memang diundang lho. Kenapa bisa? Karena sebelumnya kami pernah datang di acara Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Kominfo tahun lalu dengan tema Asian Games 2018 dan Kemajuan Indonesia
 
Kami Ber-5 (Saya yang motoin ... hehehe)
Sebelum acara dimulai, peserta registrasi terlebih dahulu di meja panitia dan mendapatkan nomor registrasi yang nantinya nomor tersebut diakhir acara akan ditukar dengan cinderamata. 


Setelah semua peserta selesai registrasi, acara pembukaan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan Direktur Pengelola Media Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Ibu Dra. Siti Meiningsih, M.Sc. Selanjutnya, sambutan dari Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, Ibu Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si., sekaligus membuka acara Flash Design 4 Tahun Indonesia Kreatif. 


Beliau menyampaikan peran Kemkominfo dalam mendukung Robotika dan Industri 4.0 dimana integrasi industri komputer dengan manusia benar-benar tidak dapat dipisahkan lagi. Di era Industri 4.0 atau millenial sekarang ini, melalui aplikasi atau start-up dapat menjadi solusi suatu permasalahan. Contohnya yang sekarang sudah dirasakan oleh masyarakat yaitu Gojek yang dapat memecahkan permasalahan transportasi yang cepat, mudah, aman dan nyaman. Pasti generasi milenial sangat mengetahui apa dampak dari adanya aplikasi ataupun start-up yang sekarang telah menjadi unicorn di Indonesia; Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan Traveloka.
Apa yang kamu inginkan, dan apa yang kamu butuhkan bisa dengan genggamanmu. Canggih! … 
Ibu Niken menyampaikan peran Kemkominfo dalam mendukung Robotika dan Industri 4.0
Ibu Niken menyampaikan bahwa Kemkominfo memberikan program 1000 start-up dan beasiswa untuk anak muda yang menyukai, yang berminat, dan yang bertalenta dunia digital. Beasiswa tersebut adalah Digital Talent Scholarship yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing SDM TIK Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0.  Tahun 2030, Indonesia akan menjadi Negara maju ke-5. Mengapa bisa? Karena Indonesia memiliki anak-anak muda yang semakin kreatif dan inovatif untuk kemajuan bangsa ini. Keren kan....

apakah kalian salah satunya? Semangat!!!!!

Untuk menjadi negara maju, masyarakat Indonesia harus dapat menyaring informasi-informasi yang beredar. Karena kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat banyak sekali info-info yang tidak benar atau yang disebut hoax. Pasti kalian sudah sangat paham dengan yang namanya hoax ini. Kita sebagai pengguna media social bisa mengadu untuk konten-konten yang tidak baik langsung ke web kominfo di sini. Karena kominfo setiap minggunya selalu cek dan ricek tentang aduan konten oleh siapa saja yang mengadukan konten yang tidak baik kepada kominfo. Jadi, kita harus dapat memilah dan memilih, mengecek dan ricek, dan yang paling penting dapat menggunakan teknologi informasi dan komunikasi ini dengan bijak. Ya kan gaes ...

Setelah sambutan dan penjelasan yang diberikan oleh Ibu Niken, paparan tentang 4 Tahun Indonesia Kreatif disampaikan oleh Bapak Andoko Darta dari Tim Komunikasi Presiden (TKP). Sebelum Pak Andoko memaparkan apa dan bagaimana 4 Tahun Indonesia Kreatif, Pak Andoko memutarkan lagu Bungong Jeumpa dari Aceh. Hanya bait pertama saja yang diputar oleh Pak Andoko, selanjutnya beliau meminta siapa yang berani untuk menyanyikan lagu tersebut. Siapakah yang berani???


Saya tolah toleh kok ga ada yang tunjuk jari ya,,, akhirnya saya yang maju. Yaa.. saya berani dan saya memang suka dengan lagu-lagu daerah. Setelah itu lagu kedua adalah lagu paling timur Indonesia yaitu lagu daerah Papua, Yamko Rambe Yamko. Salah satu peserta tunjuk jari dan menyanyikan lagu tersebut dengan ceria.
 
Bapak Andoko Darta (Tim Komunikasi Presiden)
Kemudian Pak Andoko memulai pemaparannya tentang 4 Tahun Indonesia Kreatif. Dimulai dengan slide yang bertuliskan ”Anak Muda”. Mengapa anak muda? Karena anak muda sangat perperan penting terhadap perkembangan dan kemajuan bangsa ini. Anak-anak muda yang memiliki potensi dalam dirinya masing-masing. Dalam setiap jiwa anak muda dapat memilih mau jadi apa mereka ke depannya. Seperti penjelasan dari Bapak Andoko yaitu ada 6, seperti gambar ini. Coba deh kalian termasuk anak muda yang seperti apa??
 
Anak muda yang mana kalian???
Hmm kalo saya apa ya, saya masih bingung saya ini masuk golongan anak muda yang mana. Kalo dilihat kasat mata  (hahah), saya ini masuk pada golongan Orang Biasa, karena saya sekolah kemudian menjadi seorang pekerja. Hmmm saya sebenarnya tidak mau di golongan ini. Tapi ya bagaimana, mungkin sudah jalannya (kok jadi curhat ya :D, yasudah tidak perlu dipikirkan).


Dalam 4 tahun belakang ini, Indonesia semakin maju dari berbagai aspek. Seperti yang dapat dilihat secara visualnya yaitu pembangunan jalan dan jembatan, perkembangan destinasi pariwisata, perolehan medali Indonesia yang terbaik sepanjang sejarah Asian Games, dan lain sebagainya. Selain itu peningkatan jumlah beasiswa  untuk berbagai program yang telah dinikmati dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi.


Sebelum mengakhiri pemaparan Bapak Andoko, beliau menyampaikan kalimat yang diucapkan oleh Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR RI, 16 Agustus 2018. Kalimat tersebut adalah “Membangun Manusia Indonesia adalah investasi kita untuk menghadapi masa depan, dan melapangkan jalan menuju Indonesia Maju.” Mari kita sama-sama membangun Indonesia dimulai dari diri kita masing-masing. Semoga Indonesia dapat menjadi negara maju yang tetap memiliki karakter dan nilai-nilai ke-Indonesiaan-nya. Aamiin…


Setelah pemaparannya selesai, ini dia yang ditunggu-tunggu oleh peserta Flash Design Palembang, yaitu membuat desain dong. Temanya apa? Temanya adalah visualisasi dari isi presentasi atau pemaparan oleh Bapak Andoko tentang 4 tahun Indonesia Kreatif. Dalam membuat desain, peserta dibebaskan untuk membuat desain dengan teknik paper based ataupun digital. Karena masing-masing kategori, paper based dan digital akan ada 3 juara lho. So be creative !


Waktu pembuatan desain ±2 jam, dan juri dalam lomba ini adalah Kak Hari Prast dan Kak Adit. Mereka adalah Ilustrator yang tidak diragukan lagi karena sudah banyak sekali karya-karyanya yang sangat keren seperti iklan-iklan yang sering kita lihat di tv yaitu ikan minuman soda, rokok, dan masih banyak lagi karya dalam bentuk komik, poster dll. Setelah peserta selesai membuat desain, sambil menunggu hasil dari juri, penampilan indie band menghibur semua yang ada di dalam Ballroom Hotel Aryaduta. Sangat menghibur sekali. 


Tadaaa…. Selamat untuk semua pemenang. Untuk lomba desain ini, hanya desain ayuk yang masuk nominasi, hehehe yaa ga menang tapi menjadi kandidat pemenang udah seneng kok. Ayuk menjadi pemenang terbaik postingan di twitter lho :D. Selamaatt … postingannya ada foto si Faraz hehehe…
 
hasil desain peserta

Hasil desain peserta (juara 1 untuk kategori paper based)
Nahh... setelah semua rundown acara selesai sebelum pulang nomor registrasi yang tadi ditukar pada panitia untuk mendapatkan cinderamata. Alhamdulillah… ilmunya dapet, temen baru dapet, dan juga dapet kenang-kenangan yang bermanfaat. Terimakasih Kominfo :)


Semoga anak muda Indonesia dapat menjadi generasi yang semakin maju dan semakin kreatif. Aamin. Karena seperti kata Pak Andoko “Kita adalah Keturunan Bangsa Petarung!!! Kita Merebut Kemerdekaan”. Artinya kita harus semakin merdeka untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia yang tercinta ini.


Jangan pernah lelah mencintai Indonesia, Sukardi Rinakit.
 
Hadiah buku Sudut Istana karena Lagu Bungong Jeumpa. Bersama Mba Lasmi (Tim Komunikasi Presiden) 

1 comment:

  1. Lucky us to be here. Dapet pengalaman baru, jumpa teman baru. What a great feeling!

    ReplyDelete

THEME BY RUMAH ES